11-06-2017 | Politik

Besok Habib Rizieq Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, ‘Hoax‘ atau Asli?

Pihak Polda Metro Jaya meminta agar masyarakat tidak begitu saja percaya dengan beredarnya surat perintah persiapan pengamanan untuk kedatangan Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, pada Minggu (11/6/2017) besok.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, surat yang ditandatangani Kapolres Bandara Soekarno-Hatta itu adalah hoax.

“Iya (hoax), belum ada. Ya cap suratnya saja belum ada,” kata Argo di Jakarta, Sabtu (10/6/2017).

Selain itu, Argo juga mengungkapkan, dirinya belum bisa memastikan kapan Rizieq akan pulang. Namun, pengamanan di Bandara terbesar di Indonesia itu selalu tetap disiagakan.

“Nanti kami cek dulu kebenarannya, kan begitu. Kalau pulang kami siapkan,” kata Argo.

Sebelumnya, sebuah salinan surat dari Kepolisian Daerah Metro Jaya kepada Polres Kota Bandara Soekarno Hatta beredar di kalangan wartawan. Surat itu berisi arahan untuk persiapan pengamanan kedatangan Habib Rizieq Shihab pada 11 Juni 2017, besok.

Surat perintah itu bernomor: Sprin/694/VI/2017 dan ditandatangani oleh Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta Kombes Arief Rachman.

Namun, beberapa lama setelah surat itu beredar, klarifikasi atas surat itu juga beredar. Dalam klarifikasi tersebut dinyatakan bahwa surat tersebut adalah hoax. Sementara surat bernomor yang sama dengan tersebut adalah untuk pengamanan terhadap kepulangan TKI dari Arab Saudi.

Dalam surat tentang pengamanan kepulangan TKI tersebut terdapat cap surat atau stempel, berbeda dengan surat yang beredar sebelumnya yang tidak terdapat stempelnya.

Namun secara terpisah, Karopenmas Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto tak menyebut bahwa surat permintaan pengamanan kedatagan Habib Rizieq itu adalah hoax, tetapi ia menyebut surat itu merupakan draft.

“Masih draft surat ya. Yang beredar itu draft di bagian administrasi. Kalau memang kapan dia kembali, kapan dia pulang, kami sudah punya rencana siap mengantisipasi. Namun surat itu draft saja. Jadi belum ada diberlakukan dan belum berlaku,” jelasnya ketika dikonfirmasi.

( istimewa )

Sementara itu, Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengaku belum mendapat kabar yang pasti apakah Rizieq akan pulang dalam waktu dekat seiring dengan adanya surat yang beredar di kalangan wartawan itu. Menurutnya informasi pengamanan itu merupakan hal yang biasa.

“Itu kan ada informasi pengamanan, kan. Mungkin bisa saja. Tapi dari Habib Rizieq belum konfirmasi,” katanya.|netralnews

pl31


Dapatkan secara gratis artikel unik,dan terheboh setiap hari!
loading...
Click to comment

# Terkini

gsr


Copyright © 2016 Suarahati.net By Fhazia Balqis

To Top